25 October, 2021
Bunker Kaliadem Saksi Sejarah Erupsi Gunung Merapi

Bunker Kaliadem Saksi Sejarah Erupsi Gunung Merapi

Bunker Kaliadem merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Kawasan wisata Gunung Merapi dan juga menjadi salah satu saksi sejarah bagaimana dahsyatnya erupsi gunung Merapi yang meluluh lantahkan daerah sekitar gunung Merapi.

Kawasan kaliadem bearada di ketinggian sekitar 1000meter di atas permukaan laut dan memiliki luas sekitar 25 hektar. Bunker Kaliadem sendiri di bangun sejak jaman kolonial Belanda terbuat dari beton setebal 25cm dan pintu terbuat dari baja.

Sedangkan untuk luas ruangan di dalam bunker 12×8 meter dengan kedalaman 3 meter. Di dalam bunker masih ada sisa material akibat erupsi gunung Merapi berupa batuan dan pasir vulkanis. Di depan pintu masuk bunker terdapat sebuah prasasti yang menceritakan tentang bunker kaliadem.

Meskipun tujuan utama pembangunan bunker sebenarnya ditujukan untuk berlindung dari awan panas gunung Merapi atau biasa di kenal dengan sebutan wedus gembel, tapi ternyata diluar dugaan bunker Kaliadem tidak mampu menahan awan panas yang menerjang kawasan Kaliadem pada saat erupsi gunung Merapi pada tahun 2006 bahkan menimbulkan korban jiwa.

Padahal waktu itu erupsi gunung Merapi tidak sedahsyat empat tahun berselang tepatnya tahun 2010, namun fungsi dari keberadaan Bunker ini perlu di pertanyakan lagi fungsinya, karena sebenarnya fungsi utama bunker adalah untuk berlindung dari awan panas gunung Merapi tapi pada erupsi tahun 2006 bunker ini tidak mampu menahan panasnya awan panas bahkan mengakibatkan 2 orang meninggal ketika berlindung di dalam bunker.

Baca Juga : Lava Tour Merapi, Menguji Adrenalin Menyusuri Wisata di Lereng Merapi

Bunker kaliadem sendiri tepatnya berada di Dusun Kinahrejo, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, atau berada kurang lebih sekitar 32 kilo meter dari pusat kota Yogyakarta. Lokasi ini berada di atas rumah almarhum mbah marijan dan berada sekitar 5 km dari puncak Merapi.

Untuk mencapai lokasi hanya bisa di jangkau dengan naik sepeda motor atau dengan menggunakan jeep, Kaliadem terutama bunker Kaliadem merupakan satu paket wisata lava tour. Sedangkan mobil pribadi ataupun rombongan dengan menggunakan bus hanya sampai basecamp jeep lavatour.

Dari pusat kota arahkan kendaraan anda menuju utara ke jalan kaliurang terus naik ke utara sampai nanti sebelum tempat retribusi masuk wisata kaliurang kita ambil kanan melewati kali kuning, ikuti saja petunjuk ke Kawasan wisata Kaliadem. Atau kalau masih bingung bisa manfaatkan google map ketik aja bunker Kaliadem tinggal ikuti saja petunjuknya.

Bunker Kaliadem Saksi Sejarah Erupsi Gunung Merapi

Dari sini kita bisa melihat kegagahan gunung Merapi yang bila cuaca cerah terasa sangat dekat sekali. Di samping itu kita juga bisa masuk ke dalam bunker yang dimana dulunya ada 2 orang yang meninggal berlindung di dalam bunker. Begitu masuk ke dalam bunker kita akan merasakan bagaimana waktu itu posisi mereka yang ada di dalam bunker.

Jika kita ingin menikmati pemandangan Gunung Merapi dengan cara lain kita bisa naik ke Menara yang terletak di samping bunker, dengan membayar sebesar 5000 kita bisa menikmati pemandangan gunung Merapi dan pemandangan di sekitar wisata Kaliadem dari atas Menara. Bisa juga berswa foto di atas Menara dengan latar belakang gunung Merapi.

Selain Menara tempat favorit untuk berswafoto biasanya di depan bunker atau diatas bunker dengan latar belakang kegagahan gunung Merapi. Selain itu kita juga bisa menikmati keindahan kota Yogyakakarta dari ketinggian.

Untuk fasilitas yang ada di obyek wisata bunker Kaliadem termasuk komplit ada toilet, mushola, warung makan, warung kelontong yang menjajakan minuman dan oleh2 khas Yogyakarta, tempat parkir tapi hanya untuk sepeda motor dan jeep lava tour Merapi.untuk tiket masuk 5000 per orang sedangkan parkir 2000 untuk roda 2. Sedangkan tarif lava tour bisa langsung ke bc jeep lavatour.

Jika sedang berlibur di  Yogyakarta tidak ada salanya  mengunjungi bunker kaliadem yang merupakan saksi sejarah erupsi gunung Merapi, disamping bisa menikmati kegagahan gunung Merapi kita juga bisa menyaksikan langsung sisa sisa erupsi  gunung Merapi. Dan yang terpenting tetap ikuti protokol kesehatan dengan memakai masker dan selalu cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak dan jangan lupa selalu bawa hand sanitizer itu semua juga buat kebaikan kita semua dan mencegah penularan virus covid 19

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *