25 October, 2021
Keunikan Pantai Drini Gunung Kidul

Keunikan Pantai Drini Gunung Kidul

Salah satu pantai yang berada di Kabupaten Gunung Kidul ini mempunyai beberapa keunikan di antaranya pantai ini di apit oleh 2 bukit di sisi timur dan barat, ada gugusan pulau kecil disebelah selatan, dan beberapa waktu lalu sempat menjadi perbincangan di kalangan wisatawan, ialah pantai drini.

Pantai yang terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berjarak sekitar 65 km dari pusat kota Yogyakarta dan bisa di tempuh sekitar dua jam perjalanan. Sedangkan untuk mancapai pantai drini sangat mudah, dari pusat kota Yogya arahkan kendaraan kita ke arah timur ke jalan wonosari ikuti saja petunjuk ke pantai baron, setelah kita membayar tpr di pantai baron kita ambil arah ke pantai drini nanti ada papan petunjuk. Apa bisa kita gunakan google maps dengan ketik pantai drini kita tinggal ikuti aja.

Sama dengan pantai yang lain yang ada di Gunung Kidul, pantai Drini juga mempunya hamparan pasir putih dan tepi pantai yang bisa untuk bermain air serta memiliki panorama yang aduhai untuk kita sejenak melepas penat dari aktiitas sehari hari.

Baca Juga : Pantai Wedi Ombo Pantai Eksotis di Timur Yogyakarta

Ada sedikit yang membedakan pantai drini dengan pantai yang lain misalnya di sebelah selatan pantai terdapat sebuah gugusan batu karang yang meyerupai sebuah pulau. Untuk dapat menyebrang ke pulau tersebut wisatawan dikenakan biaya sebesar 3.000 rupiah per orang.

Memang kurang lengkap rasanya kalau kita berkunjung ke pantai drini tapi tidak meneyebrang ke pulau drini. Setelah menyusuri jembatan penyebrangan kita akan menaiki tangga untuk mencapai puncak pulau drini. Sepanjang tangga naik ke puncak banyak spot foto untuk kita yang suka swafoto atau untuk update di media social, ada juga gazebo untuk tempat melepas Lelah menaiki anak tangga atau cuma duduk duduk menikmati suasana sekitar.

salah satu spot foto yang ada di pulau drini

Sesampainya di puncak pulau Drini kita dapat menikmati pantai Drini dari atas maupun memandang luas lautan yang terhampar di depan kita. Ada spot foto yang biasanya orang berswafoto di puncak pulai Drini, menandakan bahwa kita pernah mengunjungi puncak pulau drini.

spot foto di puncak pulau drini

Di sekitar puncak pulau Drini tersedia juga gazebo untuk beristirahat atau untuk menikmati hamparan luas lautan dari puncak pulau drini. Tapi kebanyakan orang tidak terlalu lama di atas pulau Drini soalnya angin di puncak sangat kencang, biasanya setelah puas menikmati swafoto dan pemandangan dari puncak, mereka segera turun.

Di samping berswafoto di sepanjang jalan naik ke pulau Drini maupun di puncak pulau drini, jembatan penyebrangan dari pantai ke pulau Drini juga merupakan salah satu spot favorit untuk berswafoto, bahkan harus antri untuk mendapatkan angle yang pas sesuai keinginan.

Di sebelah timur ada juga jembatan di pinggir tebing dan banyak terdapat untuk berswafoto, untuk dapat menikmatinya kita harus membayar sebesar 5.000 per orang. Kita dapat sepuasnya berswafoto di tempat tersebut.

Setelah puas berswafoto di jembatan maupun di pulau Drini mungkin saatnya untuk menikmati keindahan pantai Drini dari tepi pantai. Banyak cara untuk menikmati pantai ini mungkin salah satunya dengan bermain kano. Kita bisa bermain kano sepuasnya hanya dengan membayar sewa kano sebesar 50.000 rupiah.

asyiknya bermain kano di pantai drini

Jangan khawatir tenggelam karena dilengkapi dengan jaket pelampung dan di bimbing oleh yang sudah berpengalaman. Asalkan kita bermain kano tidak melebihi batas bendera yang telah di pasang dan menuruti apa yang telah di katakana oleh pihak penyewa. Kita bisa bermain sepuasnya tanpa harus memikirkan lama sewa karena tarif segitu untuk sepuasnya.

Sebetulnya di pantai ini kita bisa snorkeling tapi menyesuaikan jika ombak bersahabat maka aktifitas snorkeling di ijinkan tapi jika ombak besar maka kegiatan snorkeling di arahkan ke tempat lain.

Ada juga para pengunjung yang menikmati keindahan pantai drini dengan berenang dan bermain ombak asal tetap juga memperhatikan arahan dan batas aman bermain air. Atau bisa juga dengan cara duduk digasebo sambil menikmati makanan dan minuman yang kita pesan dari warung di sepanjang pantai.

Sedangkan untuk mancapai pantai drini sangat mudah, dari pusat kota Yogya arahkan kendaraan kita ke arah timur ke jalan wonosari ikuti saja petunjuk ke pantai baron, setelah kita membayar tpr di pantai baron kita ambil arah ke pantai drini nanti ada papan petunjuk. Apa bisa kita gunakan google maps dengan ketik pantai drini kita tinggal ikuti aja.

Fasilitas yang tersedia terbilang komplit ada tempat parkir yang lumayan luas, masjid, toilet, warung makan, dll. Sedangkan untuk tarif masuk sebesar 10.000 per orang jadi atu dengan tpr pantai baron, jadi dengan satu tiket kita bisa menikmati beberapa pantai yang ada. Tari parkir roda dua 2.000, roda empat sebesar 5.000, bus dan elf sebesar 10.000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *