27 November, 2021
Lava Tour Merapi, Menguji Adrenalin Menyusuri Wisata Lereng Merapi

Lava Tour Merapi, Menguji Adrenalin Menyusuri Wisata di Lereng Merapi

Yogyakarta mempunyai beberapa wisata minat khusus yang bisa anda coba, salah satunya wisata Lava Tour Merapi, wisata yang akan menguji adrenalin kita menyusuri tempat wisata di Lereng Merapi

Salah satu wisata itu  adalah Lava Tour Merapi yang berlokasi di Kaliurang, tepat di kaki Gunung Merapi , sekitar 30 km dari pusat kota. Wisata  Merapi Lava Tour mengajak wisatawan dengan mennggunakan mobil Jeep. Wisata ini dirintis pada tahun 2011.

Sejak dirintis ternyata paket Merapi lava tour semakin banyak diminati oleh pengunjung wisata kaliurang, terbukti dengan semakin meningkatnya wisata ini. Kendaraan jeep yang digunakan untuk wisata Merapi lava tour kebanyakan milik warga setempat. 

Para pengunjung akan diajak untuk  menyusuri bekas aliran lahar pasca letusan Gunung Merapi. Sepanjang perjalanan wisatawan akan diajak mampir ke beberapa tempat wisata  pasca letusan gunung merapi, seperti tempat wisata  Museum Sisa Hartaku, bunker Kaliadem, desa tempat tinggal almarhum Mbah Marijan, dan ada tempat wisata lainnya semisal wisata Batu Alien, menikmati sensasi Kali Kuning apalagi pas ada airnya akan menjadikan sensasi sendiri.kita juga bisa ke The Lost World Castle.

Wisata  Merapi Lava Tour ini terbagi dalam tiga rute  yang bisa dipilih oleh pengunjung. yakni short (1,5 jam) atau jarak pendek, medium (2,5 jam) atau jarak menengah, dan long (4-5 jam) atau jarak jauh, semakin kita mengambil paket yang jauh semakin banyak juga kita dapat menyusuri semua wisata bekas erupsi Gunung Merapi.

Untuk tour rute jarak pendek  biasanya dengan Jeep yang berisi maksimal 4 orang dewasa dengan harga sekitar  Rp 350.000, sementara untuk medium dikenakan biaya sebesar  Rp 450.000 dan untuk long biaya yang harus dikeluarkan oleh pengunjung sebesar  Rp 600.000 untuk satu kali perjalanan

Untuk berkunjung ke kawasan wisatan Kaliurang dan untuk mencoba sensasi wisata  Merapi Lava Tour maka berkujunglah  pada saat musim kemarau. Panorama keindahan Gunung Merapi akan terlihat jelas, dan pengunjung pun tidak perlu basah-basahan sepanjang perjalanan.

Cuaca di Lereng Gunung Merapi penuh lahan gersang dan minim pohon, ini diakibatkan karena letusan dahsyat Gunung Merapi Oleh karena itu pengunjung wisata di daerah kaliurang  gunakan pakaian yang nyaman dan lengan panjang agar kulit tidak terbakar. Sunblock dan kaca mata hitam juga sangat berguna sepanjang  menikmati perjalanan wisata Merapi Lava Tour.

Dan satu lagi jangan lupa gunakan masker, karena sepanjang perjalanan wisata tour Merapi banyak debu dan tanah  yang berterbangan apalagi pada saat musim kemarau.oleh karena itu dengan memakai masker akan sangat berguna bagi pengunjung.

Tapi jika pengunjung ingin merasakan sensasi lain dan menguji adrenalin cobalah  pas hujan turun, selama perjalanan pengunjung akan mendapatkan sensasi luar biasa dengan percikan air dari atas dan di sepanjang perjalanan.

Baca Juga : Tempat Wisata di Lereng Merapi yang wajib dikunjungi

Paket wisata lava tour Merapi menawarkan bamyak pilihan rute dan tempat pemberhentian yang bisa di pilih oleh pengunjung sesuai dengan paket yang dipilih. Beberapa tempat wisata yang menjadi favorit pengunjung untuk berhenti antar lain Museum Sisa Hartaku, Stone Honge, Bunker Kaliadem. Ada juga paket untuk menikmati sunrise di Kawasan Gunung Merapi, paket ini juga menjadi salah satu paket favorit para pengunjung.

Museum Sisa Hartaku salah satu favorit titik berhenti. Dulunya museum Sisa Hartaku adalah rumah penduduk yang dulunya juga sanggar seni tapi akibat erupsi Gunung Merapi yang dahsyat pada 2010 rumah tersebut hangus terkena awan panas. Di museum ini kita dapat melihat kerangka sepeda motor, rangka  tulang sapi, alat-alat rumah tangga yang terkena dampak awan panas, jam yang menunjukkan terjadinya erupsi Merapi.

Tempat berikutnya adalah Bungker Kaliadem. Bungker ini dulunya difungsikan untuk berlindung dari awan panas gunung Merapi. Tapi pada tahun 2010 ada 2 rewalan yang meninggal didalam bungker karena panasnya lahar yang menyelimuti bungker dalam waktu yang lama. Sekarang bungker kaliadem sudah tidak dapat digunakan. Di bunker Kaliadem ini para pengunjung bisa berfoto dengan latar Gunung Merapi yang begitu gagah apalagi kalo cuaca cerah, disamping itu pengunjung bisa juga menikmati sunrise dan sunset dari tempat ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *