25 October, 2021
Museum Mini Sisa Hartaku, Saksi Pilu Kedahsyatan Erupsi Gunung Merapi

Museum Mini Sisa Hartaku, Saksi Bisu Kedahsyatan Erupsi Gunung Merapi

Salah satu tempat wisata yang bisa anda kunjungi ketika sedang berkunjung ke Jogja untuk menyaksikan langsung bagaimana kedahsyatan erupsi gunung Merapi pada tahun 2010 adalah Museum Mini Sisa Hartaku.
Kita sering mendengar ungkapan Merapi Tak Pernah Ingkar Janji dimana sering dikaitkan dengan Gunung Merapi yang berada di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Propinsi Jawa Tengah.
Jika dilihat dari kejahuan gunung Merapi nampak begitu gagah, namun siapapun tahu dibalik kegagahannya Gunung Merapi pernah menorehkan kenangan pilu pada warga di sekitar Gunung Merapi, salah satunya pada tahun 2010 dimana gunung Merapi mengalami erupsi yang dahsyat yang meluluh lantahkan daerah sekitar Merapi.
Gunung Merapi memuntahkan lava pijar bersamaan dengan keluarnya awan panas atau biasanya dikenal dengan nama Wedus Gembel dimana awan panas tersebut menghanguskan dan meluluhlantahkan apa saja yang dilewatinya, banyak warga yang terjebak dan akhirnya meninggal, banyak hewan ternak seperti sapi , kambing, kerbau yang mati karena awan panas dan gas beracun. Rumah, ladang dan sawah warga diselimuti abu yang sangat tebal dan banyak peralatan rumah tangga yang meleleh tak terkecuali sang juru kunci Merapi mbah maridjan yang ikut menjadi korban akibat erupsi Gunung Merapi.
Museum ini dulunya merupakan rumah warga yang juga terkena dampak erupsi Merapi, beliau mengumpulkan barang – barang yang masih tersisa, meskipun banyak kolektor yang berminat untuk membeli barang – barang tersebut tapi tidak diberikan oleh pemilik, karena ditakutkan apabila satu barang terjual maka barang yang lainnya juga akan di minta untuk dijual.
Berawal dari itulah muncul ide untuk mengumpulkan semua barang sisa erupsi untuk dikumpulkan menjadi satu dibekas rumah warga dan diberi nama Museum Mini Sisa Hartaku. Dimana isinya merupakan barang sisa milik warga dan juga merupakan wisata edukasi bagi pengunjung gimana dahsyatnya erupsi Merapi pada waktu itu.
Begitu memasuki lokasi museum ini kita akan disuguhkan dengan pemandangan sisa tulang belulang sapi yang di pajang dihalaman rumah. Museum ini sendiri terdiri dari beberapa ruangan, seperti ruang tamu, 3 kamar tidur, kamar mandi, dapur dimana disetiap ruangan menyimpan sisa barang yang kebanyakan telah meleleh akibat erupsi.

Menyusuri ruangan demi ruangan di tempat ini banyak terdapat barang yang sebagian merupakan perabot rumah tangga, ada gelas, panci, piring, ada juga mesin jahit, kerangka sepeda motor juga ada, dan disetiap sudut ruangan penuh tulisan tangan yang isinya merupakan ungkapan hati warga setempat yang kalau kita baca isinya sungguh menyayat hati, mengingatkan tentang keganasan Merapi dan bagaimana sedihnya sang pemilik rumah ketika semua habis diterjang awan panas.
Di museum ini juga ada koleksi lukisan sang juru kunci Gunung Merapi yaitu almarhum Mbah Maridjan, dan ada sebuah jam yang seperti habis terbakar yang merupakan petunjuk pukul berapa saat terjadinya erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 yang lalu.
Museum Mini Sisa Hartaku beralamat di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berjarak sekitar 28 km dari pusat kota Jogja. Untuk menuju lokasi ini sangat mudah arahkan kendaraan melewati jalan Kaliurang setelah museum gunung Merapi ada pertigaan ambil kanan lewat kali kuning ikuti saja sampai ketemu perempatan ambil kiri lurus habis TPR ada petunjuk ke desa wisata Petung ikuti saja sampai kopi Merapi ambil kanan kita sudah sampai ke lokasi. Lokasi ini searah dengan tempat wisata The Lost World Castle.

Baca Juga : 13 Tempat Wisata di sekitar Kaliurang

Wisata Museum Mini Sisa Hartaku memang lebih identik dengan paket wisata Lava Tour Merapi tapi jangan khawatir kita juga bisa kesana dengan kendaraan pribadi semisal motor maupun mobil, jangan lupa kondisi kendaraan harus prima karena medan ke lokasi lumayan berat.
Untuk tiket masuk gratis tapi di pintu masuk disediakan kotak bagi anda yang mau memberikan donasi untuk pemeliharaan tempat wisata ini, sedangkan untuk parkir roda dua Rp 3.000 untuk roda empat Rp 5.000.
Jika berkunjung ke daerah wisata Kaliurang tidak ada salahnya kalau kita mampir ke wisata Museum Mini Sisa Hartaku, selain berekreasi juga bisa menjadi edukasi bagi kita tentang akibat erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 silam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *