25 October, 2021
Pantai Cangkring, Perpaduan Keindahan Pantai dan Agrowisata Buah Naga

Pantai Cangkring, Perpaduan Keindahan Pantai dan Agrowisata Buah Naga

Pesisir selatan Yogyakarta dipenuhi sederet pantai yang menawarkan pemandangan dan suasana yang bikin betah pengunjung, salah satunya adalah Pantai Cangkring. Dimana Pantai Cangkring merupakan perpaduan keindahan pemandangan pantai dan agrowisata buah naga.
Pantai cangkring ini terletak di antara Pantai Kuwaru dan Pantai Goa Cemara tepatnya berada di Dusun Cangkring, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Pantai ini terletak sekitar kurang lebih 36 km dari pusat kota. Untuk menuju ke sana sangatlah mudah dari pusat kota Jogja arahkan kendaraan ke selatan menuju jalan Bantul ikuti saja melewati jalan Samas sampai ketemu tempat retribusi Pantai Samas. Dari tempat retribusi arahkan kendaraan kita menuju Pantai Goa Cemara nanti sudah ada petunjuk nama dipinggir jalan
Mungkin masih banyak orang yang asing dengan nama pantai ini, maklum saja dari sekian banyak pantai yang ada di pesisir selatan Yogyakarta terutama di Kabupaten Bantul Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Pantai Depok, Pantai Goa Cemara atau Pantai Kuwaru masih menjadi primadona untuk di kunjungi.
Padahal masih banyak pantai lain yang menyimpan potensi yang jika dikelola dengan baik bisa jadi alternative untuk dikunjungi, selain tentunya pantai pantai yang memang sudah terkenal lebih dulu. Pantai Cangkring ini salah satunya, pantai yang mempunyai potensi besar untuk dikembangkan karena selain tempat yang nyaman juga memadukan dengan agrowisata buah naga, pantai ini mempunyai potensi menjadi besar.

Baca Juga : Pantai Depok wisata Pantai dan Kuliner

Saat ini Pantai Cangkring masih tergolong sepi dari pengunjung hanya sekitar kurang lebih 3000 pengunjung setiap bulannya saja, karena kebanyakan pengunjung hanya berpusat di Pantai Kuwaru dan Pantai Goa Cemara, maupun pantai lainnya yang sudah terkenal lebih dahulu. Maka tidak heran apabila pantai ini masih kelihatan alami dan sangat cocok untuk anda yang ingin melepaskan penat. Suasana pantai ini masih segar dan rindang di mana banyak ditumbuhi pohon cemara di pesisir pantai.
Kita bisa duduk santai bercengkrama dengan keluarga ataupun dengan orang yang kita sayangi di bawah rindang dan sejuknya pohon cemara dengan cara menggelar tikar atau hanya sekedar duduk santai di bangku yang sudah disediakan, sambil menikmati kesegaran udara yang masih alami dan menikmati pemandangan pantai yang indah. Tersedia juga beberapa spot foto bagi yang suka berfoto ria.
Pantai cangkring memadukan antara wisata pantai dengan agrowista, terutama agrowisata buah naga karena tidak jauh dari bibir pantai ada perkebunan buah naga yang bisa kita kunjungi dan bagi yang ingin membeli buah naga juga tersedia di sini langsung petik dari pohonnya. Kita bisa berkebun atau mengetahui cara bertanam buah naga yang benar langsung kepada petani.
Tapi sayang kita tidak bisa setiap hari berkunjung ke kebun buah naga tersebut, hanya pas musim berbuah saja kita bisa berkunjung kesana, jadi misal kita ingin wisata pantai dan sekaligus berkunjung ke kebun buah naga datanglah di saat buah naga berbuah.
Di lokasi pantai Cangkring ini juga bisa digunakan sebagai tempat camping bagi anda yang ingin menikmati suasana pantai dengan cara berbeda. Bonus kita bisa menikmati sunset jika kita kesana sore hari dan cuaca yang mendukung, kilauan emas cahaya matahari diatas air akan semakin menambah romantisme pantai Cangkring.
Pantai ini buka tiap hari dengan harga masuk yang sangat terjangkau, karena masih jadi satu dengan tiket masuk kepantai lain seperti pantai kuwaru, pantai goa cemara pantai samas. Kita hanya membayar parkir untuk tarifnya sendiri roda dua sebesar Rp. 3.000,- sedangkan kendaraan roda empat dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 5.000,- . untuk diatas itu sebesar Rp 10.000,-.
Fasilitas yang ada di pantai ini juga termasuk lengkap ada spot foto bagi yang suka berfoto ria, tempat untuk camping bagi yang ingin menikmati suasana pantai dengan cara berbeda, arena outbond untuk menguji adrenalin, jika lapar jangan khawatir tersedia warung makan di sekitar pantai, toilet, mushola, tempat parkir yang cukup mamadai.
Jadi jika ingin menikmati suasana pantai yang masih alami sekaligus menikmati agrowisata tepatnya agrowisata buah naga.
Pantai Cangkring merupakan salah satu tempat yang patut untuk dikunjungi, selain menawarkan keindahan pantai tempat ini juga menawarkan agrowisata buah naga, dan fasilitas lain yang memadai. Kita juga bisa menikmati sunset dari pantai ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *