25 October, 2021
Pantai Wedi Ombo Pantai Eksotis di Timur Yogyakarta

Pantai Wedi Ombo merupakan salah satu pantai yang memiliki panorama yang indah, tidak salah apabila pantai wedi ombo merupakan salah satu pantai eksotis di timur Yogyakarta.

Destinasi wisata pantai ini  layak dikunjungi ketika berkunjung ke Kabupaten Gunung Kidul. Nama Wedi Ombo berasal dari Bahasa jawa yaitu Wedi artinya pasir, Ombo mempunyai arti luas, tidak salah jika pantai ini memiliki garis pantai yang lebih panjang dibandingkan dengan pantai pantai lain yang ada di Gunung Kidul.

Karena memang kebanyakan pantai yang ada disana memiliki garis pantai yang pendek bahkan ada beberapa pantai yang tidak memiliki garis pantai. Itulah sebabnya mengapa pantai Wedi Ombo merupakan salah satu pantai yang menjadi favorit dan masuk daftar kunjungan para wisatawan yang berkunjung ke Gunung Kidul.

Pantai ini berada kurang lebih 80 km dari pusat kota Jogja, tepatnya berada di Desa Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul atau berada di sebelah Pantai Siung. Untuk menikmati keindahan pantai ini sedikit perjuangan karena dari tempat parkir kita harus menuruni jalan yang berupa tangga cor dan jalan setapak yang sudah di beton. Tapi jangan khawatir di sepanjang jalan banyak warung yang menjual makanan dan minuman apabila kita merasa haus dan lapar.

Setelah berjalan menyusuri jalan setapak dan tangga cor lelah kita akan terbayarkan dengan keindahan panorama pantai yang mempesona, salah satu tempat favorit para wisatawan adalah kolam renang alami, dimana sebetulnya terbentuk secara alami oleh batu karang yang membentuk cekungan dan airnya sangat jernih, tapi kita tetap harus hati hati karena jika air laut pasang maka cekungan akan terisi air pasang.

Selain itu batu karang di sepanjang pantai juga tidak kalah menarik kita bisa cari ikan diantara karang sambil bermain air tentu salah satu momen yang menyenangkan. Bagi para pecinta swa foto ada juga beberapa spot foto yang bisa untuk berswa foto untuk menambah koleksi foto anda tentunya.

Jika kita mau menghabiskan malam setelah menyaksikan sunset sambil menunggu sunrise, disediakan banyak penginapan yang bisa kita pilih sesuai budget kita. Atau kita akan menghabiskan malam dengan cara mendirikan tenda/camping juga bisa, apalagi pantai ini memiliki garis pantai yang Panjang cocok buat mendirikan tenda. jadi banyak cara untuk menikmati pantai ini.

Selain kita bisa berburu sunrise ataupun sunset atau hanya ingin sekedar menambah koleksi foto yang instragamable, kita juga bisa melakukan kegiatan selancar, snorkling. Fasilitas yang yang ditawarkan cukup memadai seperti area parkir yang luas, tempat ibadah, toilet, penginapan, dan banyak warung yang menjual aneka makanan olahan ikan laut seperti kepiting, cumi, cakalang, hingga udang dengan olahan sesuai permintaan pembeli. Sambil menyantab hidangan yang kita pesan kita dapat menikmati keindahan pantai ini.

Baca Juga : Pantai Cangkring, Perpaduan Keindahan Pantai dan Agrowisata Buah Naga

Untuk menuju ke pantai wedi ombo tidaklah sulit, ada banyak jalan menuju ke sana. Kalau kita melewati jalur utama dari kota Jogja ambil ke arah timur melewati jalan utama Yogyakarta menuju Wonosari, melewati Piyungan, Pathuk, nanti sampai di Wonosari menuju desa Mulo ambil ke kiri ke arah jepitu, sampai jepitu ambil kanan ikuti arah ke pantai wediombo.

Atau bisa kita lewat jalan alternatif jalan wonosari menuju desa mulo ambil lurus ke arah pantai baron, pertigaan sebelum pantai baron ambil kiri ke arah pantai kukup lurus lewat tepus nanti sampai jepitu ambil kanan ke arah pantai wediombo.

Kalo kita datang dari arah panggang sama nanti pertigaan pantai baron lurus ambil arah pantai kukup lurus lewat tepus sampai jepitu ambil kanan ikuti arah ke pantai wedi ombo.

Kalau dari arah timur dari wonogiri kita ambil arah nglindur nanti pasar ngrancah ambil kanan jepitu ambil kiri ikuti arah ke pantai wediombo. Atau bisa juga menggunakan google maps apabila kita masih bingung dengan rute diatas.

Untuk tiket masuk sendiri sebesar Rp.10.000,- sedangkan parkir sebesar Rp.5.000,- untuk roda dua mobil sebesar Rp.10.000,-. Itu belum termasuk biaya apabila kita menginap dipantai wedi ombo.

Bagi kita yang mau menikmati pantai dengan cara menginap ada tambahan biaya masuk yaitu Rp.25.000,-/malam sedangkan unruk parkir dikenakan tambahan sebesat Rp. 10.000,- untuk motor dan mobil sebesar Rp.25.000,-/malam.

Jika  ingin menikmati pantai eksotis di timur Yogyakarta, tidak ada salahnya mengunjungi pantai wedi ombo, pantai  yang menyediakan berbagai fasilitas serta keindahan pantai dengan garis pantainya yang Panjang jangan lewatkan untuk mengunjungi pantai Wedi Ombo.