27 November, 2021
Watu Payung Prambanan, tempat menikmati sunrise di Perbukitan Prambanan

Watu Payung Prambanan, tempat menikmati sunrise di Perbukitan Prambanan

Obyek wisata Watu Payung Prambanan ini berbeda dengan Watu Payung Turunan yang ada di Kecamatan Panggang Kabupaten Gunung Kidul. Watu Payung yang ini tepatnya berada Dusun Gedhang Atas, Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta atau sekitar 23 km dari pusat kota Jogja dan bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan.
Selain dikenal dengan nama Watu Payung tempat ini juga dikenal dengan nama Selo Langit. Sebenarnya nama Selo Langit lebih pas daripada Watu Payung, karena nama wisata Watu Payung di Yogyakarta ada beberapa tempat.
Untuk menuju ke lokasi wisata Watu Payung Prambanan ini cukup mudah, dari pusat kota Jogja arahkan kendaraan kita ke arah timur melewati jalan Solo nanti sampai Candi Prambanan arahkan ke kanan lewat jalan Prambanan – Piyungan. Setelah kurang lebih 3 km kita akan menjumpai pertigaan masuk ke timur lewat jalan Candi Ijo ikuti terus jalan tersebut nanti kita akan sampai kelokasi wisata Watu Payung Prambanan.
Atau bisa juga titik fokusnya wisata Tebing Breksi, dari Tebing Breksi tinggal ikuti jalan naik ke arah Candi Ijo, dari Candi Ijo masih naik ketemu Watu Langit Coffe & Resto masih naik sekitar kurang lebih 800 meter kita akan sampai ke lokasi wisata Watu Payung. Pastikan kendaraan anda dalam kondisi prima karena jalan menuju ke lokasi naik dan berliku.

Baca Juga :Wisata Alam Bukit Klumprit, Destinasi Wisata di Dekat Candi Prambanan
Sesampainya di tempat parkiran kita akan di sambut oleh bangunan pendopo yang biasanya di gunakan untuk pertemuan rutin atau bisa juga di gunakan untuk acara kopdar, arisan atau yang lainnya. Dan dari tempat parkir juga terlihat beberapa spot foto yang instragamable diantaranya replika helikopter, spot berbentuk Love, ada juga spot foto berbentuk sayap. Dan uniknya ada juga spot foto dari hasil kreasi dari botol bekas tentu akan menambah nilai tersendiri.
Biasanya sebelum masuk banyak pengunjung yang berfoto di tengah tanda love dan replika helikopter dengan latar belakang pemandangan perbukitan yang indah. Apabila dirasa kurang tinggi di sebelah timur pendopo ada bukit yang bisa kita naiki melalui tangga yan ada di samping pendopo
Memasuki lokasi wisata kita akan disajikan pemandangan alam yang begitu indah, kita dapat menyaksikan perubahan bentang alam dari dataran rendah ke dataran tinggi dalam sekali pandang, sangat disayangkan kalau kita tidak abadikan lewat lensa kamera. Kita juga bisa menyaksikan hamparan sawah dan rumah penduduk di bawah.
Selain itu Rawa Jombor yang ada di Kabupaten Klaten Jawa Tengah juga bisa kita nikmati dari sini. Dan satu lagi pemandangan alam yang sayang kalau dilewatkan yaitu Gunung Lawu yang berada jauh di sebelah timur dapat kita saksikan dari lokasi wisata Watu Payung dengan catatan cuaca cerah.
Watu Payung sendiri merupakan susunan dua buah batu dimana menyerupai sebuah payung. Batu tersebut biasanya berupa batu apung yang terbentuk dari buih lava purba jutaan tahun yang lalu. Karena tak heran jika watu payung menjadi spot foto favorit bagi para pengunjung.
Saat yang pas untuk berkunjung ke watu payung adalah apgi hari disaat matahari terbit, karena salah satu keistimewaan wisata watu payung adalah sunrisenya, tempat ini merupakan salah satu tempat terbaik menikmati sunrise di penghujung timur Yogyakarta.
Datanglah sebelum matahari terbit atau sekitar jam 05.00 – 05.30 untuk meyiapkan perangkat untuk mengabadikan momen sunrise yang indah, jika kita beruntung biasanya di musim penghujan kita juga bisa menemui kabut yang akan menambah view sunrise yang mempesona.
Untuk tiket masuk ke lokasi wisata Watu Payung atau Selo Langit masih free alias gratis, tapi di setiap spot foto di sediakan kotak yang bisa diisi uang oleh pengunjung seikhlasnya biasanya di gunakan untuk perawatan spot foto maupun di gunakan untuk pengembangan obyek wisata itu sendiri. sedangkan parkir roda dua Rp 2.000,- roda empat Rp 5.000,-. Watu payung buka selama 24 jam non stop.
Fasilitas yang tersedia diantaranya toilet, gazebo untuk sekedar istirahat melepas Lelah, tempat outbond dan camping, toilet, lahan parkir yang luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *