25 October, 2021
Wisata Alam Bukit Klumprit, Destinasi Wisata di Dekat Candi Prambanan

Wisata Alam Bukit Klumprit, Destinasi Wisata di Dekat Candi Prambanan

Daerah perbukitan Prambanan yang berada di ujung timur Yogyakarta memiliki pemandangan alam yang indah, maka tidak heran banyak tempat wisata terutama yang menawarkan keindahan alam salah satunya yang masih baru yaitu wisata alam Bukit Klumprit.
Selain terkenal dengan wisata candinya, seperti Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, maupun Candi Ijo, Prambanan juga memiliki tempat wisata yang tak kalah menarik terutama di daerah perbukitan Prambanan, sebut saja Spot Riyadi, Tebing Breksi, Watu Langit, Watu Payung, Batu Papal, dan yang terbaru wisata Bukit Klumprit. Ini tentunya akan semakin menambah daftar destinasi wisata yang akan menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung.

Baca juga : Pesona Wisata di Kawasan Bukit Prambanan

Wisata alam Bukit Klumprit tepatnya berada di Dusun Klumprit, Desa Wukirharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi ini berjarak kurang lebih sekitar 22 km dari pusat kota Jogja, dan bisa ditempuh sekitar 45 menit dengan kendaraan bermotor.
Rute untuk menuju ke Bukit Klumprit cukup mudah, dari pusat kota arahkan kendaraan kita ketimur melewati jalan Jogja – Solo, sampai pertigaan lampu merah sebelum Candi Prambanan ambil ke arah selatan masuk ke jalan prambanan ikuti saja sekitar 3 km ada petunjuk ke Tebing Breksi ikuti saja jalan tersebut. Ketika sampai ke Tebing Breksi kita tetap ambil jalan yang lurus ikuti saja nanti ada papan petunjuk ke lokasi wisata Bukit Klumprit.


Sesampainya di parkiran kita akan disuguhkan pemandangan alam yang indah, lokasi ini berada di ketinggian dan berada di area seluas 25 hektare sehingga kita memiliki pandangan yang luas dari puncak tertinggi di bukit Prambanan.
Topografi bukit ini tidak sepenuhnya rata, sebab sebagian merupakan batuan breksi. Bukit Klumprit merupakan salah satu dari Tiga wisata baru di Shiva Plateu yaitu Selo Langit atau lebih dikenal dengan Watu Payung, Bukit Teletubbies, dan Bukit Klumprit itu sendiri.
Jika kita arahkan pandangan ke arah Timur kita akan disajikan pemandangan Rawa Jombor yang berada di Kabupaten Klaten Jawa Tengah, arah Selatan pemandangan perbukitan purba Gunungkidul dan Rumah Dome, ke arah Barat pemandangan hamparan sawah dan kota Jogja, sedangkan arah Utara tampak pemandangan gagahnya Gunung Merapi.
Ada beberapa spot foto yang ada di lokasi ini yang paling favorit biasanya berfoto dibawah tulisan Bukit Klumprit dan di sebelah bawah yang berlatar belakang Gunung Merapi dan pemandangan perbukitan Gunung Purba.


Ada satu hal yang menarik perhatian yaitu adanya pahatan diatas batu berbentuk telapak tangan entah itu terbentuk secara alami secara tidak sengaja atau sengaja di pahat oleh tangan tangan kreatif. Karena memang di tempat ini banyak lukisan alam yang terbentuk dari aliran air ribuan tahun yang silam.
Sebagai pelengkap dan penunjang di sediakan gazebo untuk istirahat ataupun untuk menikmati keindahan pemandangan alam yang tersaji dengan santai bersama keluarga dan orang tersayang. Selain itu bagi anda yang tidak membawa bekal jangan khawatir karena di wisata Bukit Klumprit ada warung berbentuk bangunan jawa kuno yang menyediakan berbagai macam menu makanan dan minuman.
Fasilitas pendukung yang lain yang ada di Bukit Klumprit diantaranya tempat parkir yang lumayan luas, mushola, toilet. Sementara untuk jam berkunjung dari jam 06.00-18.00 WIB tapi kadang juga ada yang sampai malam. Untuk tiket masuk seiklhasnya sedangkan parkir Rp 2.000,- untuk sepeda motor Rp 5.000,- untuk mobil.
Tempat wisata Bukit Klumprit ini akan ramai menjelang matahari terbenam, karena memang tempat ini menjadi salah satu spot favorit menikmati matahari terbenam. Perpaduan warna keemasan sinar matahari dengan pemandangan perbukitan dan persawahan akan menjadikan sore anda semakin indah. Apalagi memang tempat ini khususnya di bulan Ramadhan banyak warga masyarakat ngabuburit menghabiskan sore menunggu datangnya buka puasa.
Tidak hanya itu saja banyak komunitas pecinta sepeda yang menjadikan Bukit Klumprit menjadi tujuan mereka karena disamping memiliki medan yang bisa dikatakan menantang tapi disatu sisi menawarkan pemandangan yang menawan, biasanya di akhir pekan mereka melakukan kegiatan tersebut.
Jika anda berkunjung ke Yogyakarta atau tepatnya ke daerah Prambanan tidak ada salahnya jika anda mampir ke wisata Bukit Klumprit Prambanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *